Selasa, 23 Oktober 2012

Mengatasi Teman yang Menyebalkan buat Kamu

Anda tentu pernah atau bahkan sering menghadapi orang-orang yang menyebalkan Anda. Punya teman menyebalkan tentu buat kita sesak nafas rasanya :)
Orang-orang semacam ini memang ada di mana-mana. Anda tidak akan bisa menghilangkan kaum ini dari muka bumi. beberapa cara untuk Anda gunakan saat menghadapi orang-orang yang menyebalkan ini:

1. Be calm! Jangan hadapi orang-orang semacam ini dengan rasa amarah. Memarahi bukanlah cara yang tepat untuk mengajak mereka bekerja sama dengan Anda. Kontrol amarah Anda dan tetaplah tenang! Dengan begitu, ketenangan Anda akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang layak dihormati, dan Anda pun akan mendapatkan perhatian dari mereka.

2. Pahami orang lain
. Meski mereka terlihat sulit untuk mengikuti peraturan, mereka tetap mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang dapat memotivasi mereka. Cobalah cari tahu kenapa mereka mengecewakan Anda? Mengapa mereka berbuat demikian? Apa yang akan membuat mereka bekerja sama dengan baik pada Anda?

3. Minta pendapat orang lain. Cobalah ceritakan masalah Anda pada sahabat, keluarga, rekan kerja atau teman kuliah Anda. Mereka tentu mempunyai cara pandang yang berbeda tentang masalah Anda. Mintalah saran bijak dari mereka untuk menyelesaikan persoalan ini.

4. Sampaikan maksud Anda. Terkadang, apa yang Anda pikirkan juga ada di dalam pemikiran orang-orang yang sulit bekerja sama dengan Anda. Mereka menganggap mereka yang tidak dapat mengerti Anda. Di lain sisi, Anda menganggap Anda yang tidak bisa memahami mereka. Solusinya ialah Anda harus lebih dahulu melakukan komunikasi yang terbuka pada mereka. Sampaikan dengan cara yang santun dan bersahabat tentang apa yang Anda inginkan. Berdiskusilah dengan mereka.

5. Bangun hubungan akrab. Jangan biarkan Anda hanya memiliki hubungan kerja dengan siapapun yang ada di sekitar Anda, termasuk mereka yang belum bisa bekerja sama dengan Anda. Pada kondisi tertentu, hubungan Anda dan mereka memang hanya rekan kerja. Namun, di luar jam kerja, bangunlah hubungan persahabatan yang akrab dengan mereka. Anggap mereka sebagai sahabat Anda, bukan sebatas teman kerja saja.

6. Perlakukan setiap orang dengan penghargaan. Tidak seorang pun yang senang bila diperlakukan seperti orang bodoh dan tidak tahu apa-apa, termasuk orang yang mempunyai keahlian lebih rendah daripada keahlian Anda. Apabila Anda ingin agar orang mau memuji pekerjaan Anda, maka Anda pun harus lebih dahulu memuji pekerjaan mereka. Intinya, perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

7. Fokuslah pada solusi! Anda mungkin sesekali berada di dalam situasi yang menyulitkan Anda. Namun ingatlah, bagaimanapun sulitnya situasi yang Anda hadapi, tetaplah fokuskan pikiran Anda pada solusi untuk keluar dari situasi tersebut.

8. Acuhkan! Jika Anda sudah berusaha semampun Anda namun mereka tetap tidak bisa mengikuti peraturan dan tetap mengecewakan, sebaiknya Anda acuhkan saja! Selain itu, ajaklah orang lain yang memang mudah diajak bekerja sama.

9. Minta saran atasan. Kadang-kadang, cara terbaik untuk memperbaiki kinerja rekan kerja ialah melalui atasan. Meski demikian, Anda sebaiknya menggunakan metode yang satu ini hanya ketika Anda benar-benar tidak sanggup. Dengan demikian, atasan Anda akan menilai bahwa Anda mempunyai kemampuan yang profesional dalam menyelesaikan persoalan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar