Jumat, 11 Mei 2012

Yang Mempengaruhi Perilaku Remaja

Anak remaja sekarang ini luput dari narkoba pasti sepak terjangnya yang jadi bahan berita. Ya, hampir setiap hari hampir semua media mengulas hancurnya mental anak-anak remaja
Sekarang Coba kita bahas sebenarnya  siapa dan apa saja yang membuat para remaja ini terganggu emosi dan perilakunya :

Media

Peran media dalam menghukum perilaku remaja sepertinya sudah sangat sukses. Perbandingan antara prestasi yang diberitakan dengan kenakalan atau kriminalitas yang dilakukan tidak berimbang. Kadang berita tawuran, pesta seks, atau pelacuran remaja bisa mencapai puluhan kolom. Sedangkan prestasi yang dibuat oleh remaja kalau tidak bertingkat nasional atau internasional tidak dimuat.

Ketimpangan ini bukan tidak meungkin di rencanakan. Bahwa alasan pembaca lebih suka membaca berita-berita yang negatif merupakan pembelaan media. Kalau pembaca media menolak membaca berita tersebut, media pasti lebih banyak membuat berita-berita remaja berprestasi.

Belanja dan Mall

Anak-anak remaja dituduh konsumtif, nongkrong dan jalan-jalan di Mall. Lebih parahnya lagi dicap sebagai generasi bergaya hidup hedon. Lah terus siapa yang punya ide buat membangun uluhan dan ratusan mall di kota - kota besar, serta siapa yang membiasakan sedari kecil pada anak - anak kala mereka kecil untuk main or beli barang - barang kebutuhan di mall, orang tua kan ?? hhhmm jadi jangan tuduh remaja kalau tidak tau asal usulnya

Kalau orang tua merenovasi museum atau perpustaakaan sebanyak mall, apakah para remaja tersebut akan dituduh kutu buku? Atau remaja peneliti?

Narkoba


Dalam hal ini, ada pendapat yang mengatakan bahwa yang memicu anak mengkonsumsi narkoba adalah bersumber pada dari diri remaja tersebut menurut saya adalah tuduhan yang salah. Karena seperti kita ketahui secara psikologis pertumbuhan hingga masa remaja itu dasarnya adalah usia 0-5 tahun. Jadi ketika ada yang salah di usia remaja berarti orang tua telah melakukan kesalahan di tahap awal pertumbuhan anak.

Dalam hal ini orang tua harus berani mengambil sikap bertanggung jawab, tidak bertindak pengecut atau menyalahkan faktor-faktor lain termasuk lingkungan dan teman-temannya.intinya saling intropeksi diri lah, kalau orang tua mau anaknya tumbuh jadi anak yang tangguh dan tidak mudah terpengaruh hal - hal yang buruk berarti ya sedari awal pertumbuhan anak bekali sang anak keimanan, pengertian ( untuk membedakan hal yang buruk dan baik ) , serta kedekatan dengan orang tua.

Seks

Pada tahap ini sebenarnya orang tua sudah sangat paham, selain karena pengetahuan juga mengalaminya sendiri.  Masa remaja selalu diawali dengan masa pubertas, yaitu masa terjadinya perubahan-perubahan fisik  yang meliputi penampilan fisik seperti bentuk tubuh dan proporsi tubuh dan fungsi fisiologis  yaitu kematangan organ-organ seksual. Hormon-hormon mulai diproduksi dan mempengaruhi organ reproduksi untuk memulai siklus reproduksi serta mempengaruhi terjadinya perubahan tubuh.

Proses ini berlangsung cepat, drastis, dan tidak beraturan. Pertanyaannya siapa yang salah jika dalam kondisi seperti ini tiba-tiba muncul hasrat seksualnya atau kasarnya ’nafsu’. Salah tubuhnya? Salah pikirannya? Atau salah orang tuanya yang tidak pernah menjelaskan apa itu hasrat dan kenapa harus mengendalikannya.

Anak tidak pernah salah. Remaja apalagi. Lingkungan dan sekolah memang memiliki peran tapi tidak sepenting keluarga. Kalau semua orang tua berpihak kepada keluarga, tentu kebijakan politik dan ekonomi akan berpihak kepada kelangsungan masa depan generasi penerusnya.

Artikel ini berkaitan dengan kata kunci :
Remaja, dunia remaja,masa remaja, kalangan remaja, masalah remaja, kehamilan remaja,remaja depresi, orang tua remaja,baju remaja, mode remaja,anak remaja, fashion remaja,mimpi remaja, permasalahan dunia remaja,konflik remaja, remaja gaul,ibu dan remaja ,aturan remaja, curhat remaja,kenakalan remaja ,gadis remaja ,pergaulan remaja ,remaja merokok, remaja sehat ,pergaulan remaja ,psikologi remaja ,ciri-ciri remaja ,perkembangan remaja,pengertian remaja,remaja depresi ,para remaja  ,gadis-gadis remaja ,majalah remaja ,remaja bermasalah,masalah remaja ,hidup remaja ,film remaja ,fashion untuk remaja ,pelecehan anak remaja ,cerita untuk remaja ,kisah cinta remaja ,album impian remaja ,remaja lirik , teenages ,berpakaian untuk remaja ,mode remaja ,cerita remaja ,kesehatan remaja ,impian remaja  ,kamar tidur remaja , narkoba dan remaja ,masalah remaja , payudara remaja ,kaum muda , Kemaluan remaja ,orang tua remaja ,perawatan kulit remaja ,Model remaja , remaja , hamil usia remaja ,permainan untuk anak perempuan remaja , film remaja , cinta masa remaja,ketakutan remaja ,permainan untuk remaja ,Orang tua remaja ,baju remaja ,puisi cinta remaja  ,masalah remaja,membantu remaja , Cerita Kehamilan usia remaja,cinta remaja ,bantuan remaja ,Impian remaja ,jejaringan sosial remaja ,remaja saran ,kehidupan remaja ,Kehamilan remaja ,Baju dalam remaja ,mobil untuk remaja ,remaja kamar tidur ide ,Yang Mempengaruhi Perilaku Remaja  ,remaja ruang ide, mengatasi remaja , remaja permainan ,pakaian remaja , remaja kamar tidur desain, remaja situs ,remaja payudara ,program pengasuhan ,hubungan remaja ,remaja kejahatan ,remaja pekerjaan ,remaja permainan,remaja pacaran ,kamar tidur remaja ,pekerjaan untuk remaja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar